Recents in Beach

Lima Tips Mengatasi Sesak Napas Ketika Tidur



Sesak napas saat malam hari, khususnya saat tidur benar-benar sangat mengganggu. Sesak napas atau dispnea ini bisa ditangani dengan cara-cara rumahan jika sebabnya bukan keadaan medis yang beresiko. Baca penjelasan berikut ini supaya tidur Anda kembali pulas tanpa ada sesak napas.

Panduan menangani sesak napas saat malam hari Seperti yang dikutip dari Harvard Health Publishing, ada cara-cara yang dapat dikerjakan untuk menangani sesak napas yang ada saat malam hari. Dari mulai mengubah tempat tidur sampai mengendalikan tempat kipas angin dapat Anda kerjakan supaya permasalahan ini cepat ditangani.

1. Tempat tidur

Saat Anda berbaring saat malam hari serta kesusahan ambil napas, coba mengubah tempat tidur. Ada dua type tempat tidur yang dapat Anda kerjakan supaya dispnea saat malam hari cepat hilang.

a. Tempat tidur menyamping Salah satunya tempat tidur yang disenangi beberapa orang ialah tidur menghadap kanan atau kiri sekalian memeluk guling. Waktu kesusahan bernapas, tempat ini dapat menolong Anda menurunkan masalah itu. Berikut beberapa panduan yang dapat Anda coba.

  • Berbaring dengan tempat menghadap ke kanan atau kiri. Pilih yang membuat Anda nyaman.
  • Tempatkan bantal antara ke-2 lutut.
  • Yakinkan kepala Anda tambah tinggi dengan menempatkan satu atau dua bantal penambahan.
  • Mengambil napas dengan perlahan-lahan.

b. Tempat tidur terlentang Tidak hanya tidur dalam kondisi menghadap kanan atau kiri, nyatanya berbaring terlentang dapat menolong Anda menangani sesak napas saat malam hari. Inilah cara-caranya:

Mulai dengan berbaring terlentang

Tempatkan bantal dibawah lutut, hingga lutut jadi bengkok.

Yakinkan kepala Anda tambah tinggi dengan menempatkan satu atau dua bantal penambahan.

Mengambil napas serta buang dengan perlahan-lahan.

2. Dengarkan lagu

Bukan sekedar mengubah tempat tidur, Anda dapat juga dengarkan lagu supaya lebih santai serta mempermudah Anda untuk bernapas. Ini mempunyai tujuan supaya Anda tambah lebih enjoy serta menarik napas jadi lebih dalam serta lamban.

Diluar itu, Anda dapat juga lakukan beberapa pengenduran dengan melemaskan otot dari kepala sampai kaki untuk menurunkan depresi serta membuat Anda lebih santai.

3. Memakai kipas angin

Sumber: Bustle Menurut satu riset dari Journal Pain Symptom Manage memakai kipas, khususnya kipas portabel/pegang bisa Anda menangani sesak napas saat malam hari.

Di riset itu ada 50 peserta yang diambil dengan acak serta memakai kipas angin sepanjang lima menit. Kipas itu ditempatkan ke muka atau kaki mereka lalu ke arah ke anggota badan yang lain sepanjang lima menit.

Hasilnya, pemakaian kipas pegang mengarah muka nyatanya bisa kurangi sesak napas, khususnya mengarahkannya ke pipi. Karenanya, saat Anda rasakan sesak napas saat malam hari, coba kipas angin pegang yang gampang dibawa serta tidak demikian mahal.

4. Jaga kebersihan kamar tidur

Bila sesak napas saat malam hari yang Anda alami sebab alergi, mungkin telah waktunya lihat apa kamar tidur Anda bersih dari alergen ataukah tidak.

Jika tidak, membersihkan karpet, jendela, tempat tidur, sampai pendingin ruang atau kipas angin dengan teratur. Kipas angin umumnya kumpulkan debu serta bisa menyebabkan tanda-tanda alergi.

Tidak hanya jaga kebersihan, mungkin Anda dapat memakai humidifier serta beli inhaler untuk berjaga-jaga.

5. Bernapas dengan mulut serta hidung

Sumber: Everyday Health Kesusahan bernapas saat malam hari dapat Anda tangani dengan coba tehnik pernafasan satu ini, yakni ambil napas lewat hidung serta membuangnya lewat mulut.

Langkah berikut cukup menolong untuk perlambat pergerakan pernafasan Anda, hingga napas Anda jadi lebih dalam. Serta, udara yang terjerat di paru-paru Anda dapat terlepas dengan memakai cara yang benar-benar gampang ini.

Langkah mengerjakannya:

  • Bikin supaya pundak serta leher Anda lebih santai.
  • Tarik napas dengan perlahan-lahan lewat hidung sepanjang dua detik dengan keadaan mulut tertutup.
  • Kerucutkan bibir Anda seperti akan bersiul.
  • Buang napas pelan-pelan lewat mulut Anda sekalian berhitung sampai angka empat.

Sesak napas yang Anda alami saat malam hari sebetulnya bisa dihindari dengan mengubah pola hidup jadi lebih sehat. Tetapi, saat keadaan ini mendadak menyerang serta tidak bisa ditangani dengan di atas, semestinya tanyakan dengan dokter Anda untuk memperoleh perawatan.

Posting Komentar

0 Komentar