Recents in Beach

Mengenal Tokoh Agama Kota Banjar yang Melegenda, Syekh Sobrowi

Mengenal-Tokoh-Agama-Kota-Banjar-yang-Melegenda,-Syekh-Sobrowi
Siapa yang tidak mengenal KH. Ahmad Sobrowi, bagi warga Kota Banjar tentu sudah pernah mendengar namanya. Sosok yang lebih dikenal dengan sebutan Syekh Sobrowi ini, merupakan ulama pemuka Agama yang terkenal karena kewaliannya.

Lantas, siapakah KH. Ahmad Sobrowi, Tokoh Agama Kota Banjar yang Melegenda ini? Yuk langsung saja kita simak ulasan berikut.

Mengenal Sosok Wali Sobrowi
 
KH. Ahmad Sobrowi berasal dari bulus Pesantren, Kebumen, Jawa Tengah. Lahir pada tahun 1917, Ahmad Sobrowi berasal dari keluarga pasangan Kyai Mohammad Dzurriyat dan Nyai Saikem. Ahmad Sobrowi merupakan anak ke 4 dari total 6 bersaudara, beliau tinggal di wilayah Desa Sukajadi Kecamatan Pamarican dan dikaruniai 7 orang anak dari istri pertama bernama Khomsiyah.
Dilansir dari harapanrakyat.com, syekh Sobrowi cukup dikenal sebagai sosok yang tekun belajar. Hal ini semakin dibuktikan dengan keberhasilannya menamatkan Sekolah Rakyat di Cilacap, Jawa Tengah. Setelah lulus dari sekolah, ia melanjutkan pendidikannya dengan memasuki Pondok Pesantren selama 14 tahun lamanya.

Kyai Ahmad Sobrowi mendirikan pesantren pertamanya pada tahun 1950, namun sayangnya pesantren tersebut harus terhenti karena gangguan keamanan. Namun kegiatan Kyai Sobrowi tidak terhenti disitu saja, memanfaatkan ilmu tasafuw yang ia dapat dari pesantren beliau pun mulai menekuni Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsabandiyah pada tahun 1967.

Mempelajari ajaran Syekh Sanusi Langensari, membuanya terkenal sebagai murid yang taat. Selain taat dan mempelajari ilmu dari Syekh Sanusi, Kyai Sobrowi juga datang ke wilayah Radegan untuk menemui pembangunan masjid pada tempat tersebut. Kyai Sobrowi memang memiliki kebiasaan untuk selalu bermukim pada sebuah masjid yang tengah dibangun.

Menurut sejarah, Kyai Sobrowi memang merupakan orang yang sederhana dan tidak banyak berbicara. Ketika melihat sebuah masjid yang paving yang kurang baik letaknya, maka Kyai Sobrowi pun akan langsung membetulkannya. Beliau pun dikenal sebagai orang yang santun terhadap orang lain, serta selalu berdzikit tanpa putus.

Kejadian Luar Biasa dari KH. Ahmad Sobrowi
Banyak kejadian luar biasa yang berkaitan dengan sosok wali ini, salah satunya adalah yang diakui oleh seorang pimpinan pondok Pesantren Amanatul Huda. Pemimpin Ponpes tersebut mengakui mendengar suara Sobrowi berdzikir pada tengah malam, namun ketika membuka pintu kamarnya ia tidak melihat Kyai Sobrowi sedang berdzikir.

Kejadian itu dialami selama tiga kali, hingga akhirnya pada kejadian ketiga ia melihat Kyai Sobrowi benar-benar melakukan dzikir. Setelah itu, beliau meminta izin untuk tidur bersama dengan pimpinan ponpes tersebut, namun setelah 15 menit beliau pergi meninggalkan kamar.

Tidak hanya itu, Sobrowi juga sering terlihat menyalakan lampu patromak di siang bolong. Menurut penilaiannya, tanda tersebut digunakan sebagai simbol kedzolliman yang banyak terjadi pada waktu itu. Tetapi pimpinan ponpes mengungkapkan bahwa, hal yang dilakukan oleh Sabrowo menunjukkan ranah iman tingkat tinggi.

Pohon Saksi Mata Keajaiban dari KH. Ahmad Sobrowi
Kejadian yang cukup aneh adalah, ketika masyarakat desa Sukamaju sedang menebang pohon kelapa di malam hari. Melihat pohon yang tak kunjung putus, mereka pun mengadukannya kepada Syekh Sobrowi. Dengan singkat Sobrowi hanya mengucapkan “Ini disuruh Mama Sobrowi” di dekat pohon, dan tumbanglah pohon tersebut atas izin Allah.

Pohon kelapa yang roboh tersebut, mengeluarkan beberapa ular yang langsung membuat panik warga. Sobrowi melarang warga untuk membunuh ular tersebut, sehingga mereka pun mengurungkan niatnya untuk membunuhnya. Pada keesekoan harinya, ular tersebut telah ada di sebuah pohon sawo di depan rumah Sobrowi. Pohon yang disebutkan itupun, saat ini masih bertahan dengan subur.

Selama kehidupan Syekh Sobrowi, beliau telah menyelesaikan pembangunan sekiranya 39 masjid yang tersebar di sekitar Jawa Barat. Jembatan yang menjadi penghubung desa Sukajadi pun, tak luput dari campur tangan Sobrowi. Dengan berbagai hal yang telah dicapai oleh Kyai Sobrowi, beliau mendapatkan gelar Al Banjary yang merupakan seorang tokoh ulama di Banjar.

Bagi warga Banjar, tentu sudah mendengar nama KH. Ahmad Sobrowi. Sosok yang sederhana namun memiliki iman yang tinggi ini, menjadi salah satu tokoh pemuka agama di beberapa wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya. Memiliki ranah tingkat iman yang tinggi, membuat Kyai Sobrowi menjadi salah satu wali yang terkenal di Jawa Barat.

Posting Komentar

0 Komentar