Recents in Beach

Sukses dalam Bisnis Reseller, 5 Strategi Ini Bisa Anda Jalankan

Menjalankan usaha sebagai seorang reseller memang terlihat mudah. Anda hanya perlu melakukan promosi, tanpa perlu direpotkan dengan produksi dan pengiriman barang. Namun, jika ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, tentu harus ada tips atau kiat jitu yang dilakukan. Bagi Anda yang ingin sukses dalam bisnis reseller, bisa mengikuti 5 strategi jitu berdagang berikut ini.

1. Tentukan Barang yang Akan Dijual
Pemilihan barang atau produk yang akan dijual merupakan hal krusial bagi seorang reseller. Jika Anda menjual barang yang sedang happening atau sedang banyak diminati, tentu saja keuntungan yang akan Anda dapatkan jumlahnya bisa begitu signifikan. Maka dari itu, saat memutuskan menjadi seorang reseller, baiknya Anda memilih dengan cermat produk apa yang akan Anda jual.

Agar mudah memutuskan produk yang akan dijual, Anda bisa mengikuti saran berikut ini. Pertama, jual produk yang diminati atau Anda paham betul tentang produk tersebut. Dengan begini, Anda akan luwes dalam mempromosikan produk tersebut. Misalnya, jika tertarik dengan K-Pop, Anda bisa jual aksesori yang berhubungan dengan boyband atau girlband asal Korea Selatan tersebut.

Kedua, jual produk yang spesifik agar dagangan yang Anda jual ini berbeda dengan produk yang dijual oleh orang lain. Misalnya saja, jika Anda memilih untuk menjadi reseller pakaian, baiknya jangan jual bermacam ragam jenis pakaian. Anda bisa fokus menjual pakaian muslim saja, misalnya seperti gamis, hijab, dan lainnya, Dengan begini, target pasar Anda pun jadi lebih jelas.

2. Tentukan Pangsa Pasar yang Anda Bidik
Menentukan pangsa pasar atau konsumen yang Anda jadikan target untuk penjualan produk merupakan hal yang sangat penting. Kesesuaian antara produk yang dijual dengan pangsa pasar, akan bisa membuat produk yang Anda jual laku keras. Tentukan range konsumen yang Anda bidik. Anda bisa memetakan konsumen tersebut misalnya berdasarkan umur atau pun pekerjaannya.

Misalnya, jika Anda menjadikan kaum remaja sebagai pangsa pasar Anda, maka barang yang dijual pun harus yang diminati oleh remaja zaman sekarang. Dikarenakan remaja sekarang hampir semuanya aktif di Instagram, Anda bisa melakukan promosi habis-habisan di media sosial tersebut. Jangan lupa, gaya bahasa saat promosinya pun disesuaikan juga, agar para remaja bisa makin tertarik.

3. Sesuaikan Harga Produk dengan Pangsa Pasar
Proses menentukan harga tak bisa dibilang mudah. Walau sebagai reseller Anda hanya menjualkan produk, namun Anda tentu berhak atas keuntungan dari penjualan produk tersebut. Jika dari produsen atau penyedia barang sudah tersedia harga reseller, Anda bisa menggunakannya. Namun jika tidak, Anda bisa menetapkan harga sendiri dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Hal yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan saat menentukan harga seperti biaya pemasaran dari produk tersebut. Misalnya, berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk membeli kuota internet, agar bisa aktif mempromosikan produk tersebut. Umumnya, seorang reseller mengambil keuntungan mulai dari 10 persen hingga 30 persen dari produk yang dijualnya tersebut.

4. Pilih Supplier yang Kredibel
Sebagai seorang reseller, Anda sangat disarankan untuk cermat dalam memilih supplier atau produsen dari produk tersebut. Pilihlah supplier yang menjual produknya pada Anda dengan harga khusus reseller, sehingga Anda pun bisa mendapatkan keuntungan saat menjualnya kembali. Pastikan juga produknya berkualitas bagus dan proses komunikasi antara Anda dengannya berjalan lancar.

5. Melayani Konsumen dengan Sebaik Mungkin
Tak bisa dipungkiri kalau konsumen adalah raja. Jadi, Anda memang harus melayaninya dengan ramah dan baik. Berikan feedback yang cepat atas pertanyaan, kritikan, atau pun masukan dari konsumen. Jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan bonus khusus untuk konsumen setia Anda. Dengan begini, konsumen pun secara tak langsung bisa mempromosikan toko Anda pada temannya.

Saat ini, kondisi social commerce Indonesia memang sedang berkembang dengan begitu pesatnya. Hanya dengan bermodalkan kuota internet dan media sosial saja, Anda bisa mempromosikan produk jualan Anda. Makanya, aktivitas sebagai reseller terbilang menjanjikan dan tak bisa dipandang sebelah mata. Agar makin sukses, Anda bisa mengikuti 5 strategi yang telah dipaparkan sebelumnya.

Posting Komentar

0 Komentar