Recents in Beach

5 Peranan Pendidikan Dalam Menciptakan SDM Unggul

5-Peranan-Pendidikan-Dalam-Menciptakan-SDM-Unggul
Sumber : klatenkab.go.id

Penjelasan dari Kadin menyatakan bahwa salah satu cara untuk menciptakan SDM yang unggul adalah melalui pendidikan yang berkualitas. Peran pendidikan dalam mencetak generasi unggul ini sangat banyak dan dapat dikatakan sangat fundamental. Melalui pendidikan yang berkualitas SDM yang unggul dapat diciptakan dengan maksimal.

Ada 5 peranan penting pendidikan dalam menciptakan SDM yang unggul. Berikut ini kelima peranan tersebut:

1. Sarana Mendapatkan Pengetahuan

Peran utama pendidikan adalah mendapatkan ilmu pengetahuan. Pendidikan terutama pendidikan formal mempunyai fungsi untuk menambah ilmu dan wawasan. Dengan bertambahnya ilmu maka tingkat kecerdasan akan bertambah.

Kecerdasan kognitif sangat penting untuk membentuk SDM yang berkualitas. Generasi yang cerdas secara kognitif merupakan salah satu ciri SDM yang unggul. Namun untuk menjadi SDM yang unggul tidak hanya diperlukan kecerdasan kognitif saja tapi juga kecerdasan emosional.

2. Pembentuk Karakter Generasi Bangsa

Peran pendidikan yang selanjutnya adalah membentuk karakter generasi sebuah bangsa. Karakter yang dimaksud adalah sifat dan kepribadian seseorang. Manusia yang berpendidikan tentunya mempunyai karakter yang lebih baik. Hal ini dikarenakan di sekolah pendidikan karakter sudah ditanamkan sejak dini.

Sebenarnya pembentukan karakter tidak hanya dalam dunia pendidikan formal saja, peran keluarga juga sangat penting. Oleh karena itu, untuk membentuk karakter yang unggul tidak hanya pendidikan formal saja yang dimaksimalkan tapi juga pendidikan informal di rumah.

3. Mewujudkan Generasi yang Beriman dan Bertakwa

Tidak dipungkiri pendidikan mempunyai peran untuk mewujudkan generasi yang beriman dan bertakwa. Melalui pendidikan anak-anak diajarkan mengenai agama dan moral. Pendidikan ini sangat penting untuk diberikan agar tercipta SDM yang unggul.

Pendidikan agama dan moral harus ditanamkan sejak pendidikan dini. Tidak hanya pendidikan formal saja, peran orang tua di rumah juga dapat membantu menciptakan generasi yang beriman dan bertakwa.

4. Membentuk Pola Pikir yang Kritis dan Dinamis

Pendidikan juga mempunyai peran dalam membentuk pola pikir seseorang. Proses pendidikan tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja tapi juga membentuk pola pikir. Semakin tinggi pendidikan seseorang maka pola pikirnya akan semakin kritis.

Untuk membentuk pola pikir kritis dan dinamis tidak hanya diperlukan pendidikan formal saja. Kegiatan tambahan di sekolah berupa ekstrakurikuler lah yang merupakan wadah untuk membangun pola pikir kritis. Pola pikir kritis dan dinamis ini sangat dibutuhkan untuk menghadapi pasar global nantinya.

5. Sarana Untuk Belajar Bersosialisasi dan Bertoleransi

Peranan yang tidak kalah penting pendidikan dalam membentuk SDM yang unggul adalah sarana untuk belajar bersosialisasi. Di sekolah tentunya akan menjumpai banyak orang baru yang sebelumnya tidak dikenal. Melalui pendidikan inilah anak-anak diajarkan untuk bersosialisasi dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Tidak hanya bersosialisasi tapi juga bertoleransi. Setiap orang tentunya mempunyai sifat bawaan yang berbeda-beda, di sinilah anak dituntut untuk dapat menghargai perbedaan tersebut. Sikap toleransi ini sangat diperlukan untuk menghadapi kemajuan zaman yang semakin canggih ini.

Peranan pendidikan ini sangat kompleks untuk meningkatkan SDM. Dengan pendidikan yang baik tentunya akan mencetak generasi yang berkualitas. Semakin baik kualitas pendidikan di suatu negara maka akan semakin maju pula negaranya.

Tidak salah jika pemerintah Indonesia memfokuskan peningkatan kualitas pendidikan untuk meningkatkan SDM yang unggul. Dengan SDM yang unggul maka Indonesia akan mampu bersaing di dunia internasional. Pemerintah juga akan memaksimalkan adanya Kadin Indonesia untuk meningkatkan SDM yang unggul.

Posting Komentar

0 Komentar