Recents in Beach

SOLUSI AGAR PERUSAHAAN TIDAK MENGALAMI KERUGIAN AKIBAT MATI LISTRIK


Mati listrik memang sering terjadi di Indonesia, sebut saja di Jakarta yang sebagai pusat perekonomian dengan berbagi gedung pencakar langitnya. Ketika suatu aktivitas di dalam perusahaan terganggu oleh mati listrik, tentu membuat sangat tidak nyaman. Untuk perusahaan lebih baik menggunakan jasa rental alat genset. Tidak perlu membeli lagi dan biaya yang dikeluarkanpun sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

Genset yang merupakan kepanjangan dari generator set adalah sebuah perangkat yang bisa menghasilkan listrik. Disebut generator set karena perangkat ini merupakan satu set peralatan gabungan dari 2 perangkat yang berbeda, yaitu mesin dengan generator dan alternator. Pada genset, mesin berfungsi sebagai alat pemutar sedangkan generator dan alternator berfungsi sebagai perangkat pembangkit listrik. Jadi, genset dan generator set adalah sesuatu yang sama.

Mesin pada genset berupa mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar, bensin, mesin gas, dan juga mesin turbin. Mesin yang digunakan inilah yang membuat genset ada beragam jenisnya. Sedangkan generator yang terdapat di genset merupakan kumparan atau sebuah gulungan tembaga yang terdiri dari rotor (kumparan berputar) dan stator (kumparan statis).

Berdasarkan arus yang dihasilkan, generator listrik atau genset dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu generator listrik dinamo (DC) dan generator listrik alternator (AC). 

Generator Listrik Alternator (AC)

Pada generator listrik alternator (AC), kutub-kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan akibatnya diantara kedua kutub magnet itu menghasilkan medan magnet. Didalam medan magnet, terdapat kumparan yang selalu berputar pada porosnya. Karena kumparan ini selalu berputar, jadi jumlah gaya magnet yang masuk kedalam kumparan akan berubah-ubah juga. Sifat arus listrik yang dihasilkan oleh generator AC ini memiliki jenis bolak balik dengan bentuknya seperti gelombang. Amplitudonya bergantung pada kekuatan medan magnet, jumlah lilitan kawat dan juga luas penampang kumparannya serta frekuensi putaran kumparan sama dengan frekuensi gelombangnya.

Generator Listrik Dinamo (DC)

Cara kerja genset listrik DC mirip dengan cara kerja generator listrik AC. Yang membedakan hanya pada generator listrik DC ini menggunakan sebuah cincin belah atau yang biasa disebut dengan komutator dibagian outputnya. Komutator ini memungkinkan arus listrik induksi yang dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listrik DC meskipun kumparan yang berada di dalamnya menghasilkan arus listrik AC.

Untuk anda yang memiliki perusahaan atau toko bisa sekali untuk rental genset disini https://sewatama.com/id/ jadi anda tidak perlu repot lagi jika mati listrik terjadi pada saat jam kerja.

Posting Komentar

0 Komentar