Recents in Beach

Inilah Tanda Awal Kehamilan paling Umum yang Wajib Dicatat

Setiap pasangan yang sudah menikah tentu mendambakan kehadiran momongan. Entah itu pasangan yang baru menikah, maupun yang suda lama, momen ini sangat dinanti-nanti. Nah, untuk Anda yang sedang melakukan program kehamilan, kami akan menjelaskan tanda awal kehamilan yang wajib Anda ketahui.

Tanpa berlama-lama, yuk, langsung intip apa saja tanda-tanda umum kehamilan yang wajib diketahui berikut ini.

 

Tanda-Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Banyak sekali pasangan yang baru menyadari kehamilan setelah usia kehamilannya 12 minggu. Hal ini dikarenakan ibu hamil maupun pasangan tidak menyadarinya. Agar tidak telah menyadari, silahkan perhatikan beberapa poin berikut ini:

1. Perhatikan suhu tubuh. Karena, suhu tubuh merupakan tanda awal kehamilan. Umumnya, perempuan yang hamil 3 hari, suhu tubuhnya akan turun lalu mengalami lonjakan sesudah naik kembali. Suhunya bisa mencapai 0,4 hingga 0,6 derajat celcius dari orang normal.

2. Adanya perubahan di bagian area kewanitaan. Misalnya seperti keputihan. Hal tersebut bukanlah keputihan biasa, melainkan cervical mucus yang tipis. Kondisi tersebut akan mengakibatkan keluarnya cairan pada saat pembuahan.

 

Tanda Kehamilan Sesudah Berhubungan Badan

 Sebenarnya, kita juga bisa mengetahui tanda-tanda awal kehamilan setelah berhubungan . Beberapa tanda yang paling umum terjadi diantaranya seperti:

1. Adanya perubahan di bagian payudara. Karena, pada umumnya, perempuan yang sedang hamil muda, bagian payudaranya akan terasa menjadi semakin sensitif, kencang, dan juga padat. Selain itu, bagian putingnya pun akan terlihat muncul dan juga berwarna lebih gelap. Selain itu, pembuluh darah juga akan tampak di bagian permukaan kulit payudara.

2. Perempuan yang sedang hamil muda juga akan memiliki sensitivitas pada indera penciuman. Indera penciuman akan jauh lebih peka dan tajam pada aroma positif seperti minyak wangi. Selain itu, juga sensitif pada aroma negatif seperti asap rokok. Begitu juga dengan beberapa makanan dengan kandungan bawang atau telur.

3. Sering buang air kecil juga bisa menjadi tanda-tanda hamil muda. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon. Hal ini disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan ke bagian kantung kemih.

4. Nafsu makan ibu yang sedang hamil muda juga menjadi salah satu indikasi kehamilan. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar hormon beta-hCG (human chorionic gonadotropin). Selain itu sensitif terhadap bau-bauan juga menjadi salah satu faktor ibu hamil menjadi tidak nafsu makan.

5. Ibu hamil juga akan merasakan mual dan muntah. Terutama di awal-awal masa kehamilan. Hal ini bahkan terjadi pada hampir 50% ibu hamil. Kondisi ini umumnya terjadi setelah sebulan tidak haid. Mual bisa timbul di pagi hari. Untuk beberapa wanita, kondisi ini sering juga disebut dengan morning sickness.

 

Tanda-Tanda Hamil Bayi Kembar

Kita juga bisa membedakan bayi kembar atau tidak ketika masih di dalam kandungan. Meski tidak akurat 100%, namun tanda-tanda ini bisa Anda menunjukkan bayi yang dikandung adalah bayi kembar:

1. Berat badan bayi pada trimester pertama akan mengalami peningkatan yang cepat. Kondisi ini bisa menjadi indikasi ibu hamil sedang mengandung lebih dari satu janin di dalam kandungan.

2. Rahim ibu hamil akan mengalami pembesaran secara terus-menerus. Hal ini terjadi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan si ibu. Selain itu, saat hamil bayi kembar, rahim akan tampak lebih besar dibandingkan mengandung 1 bayi.

3. Jika Anda memeriksanya di USG, maka aka nada 2 detak jantung yang terpisah. Hal ini bisa kita lihat dari usia kehamilan 12 minggu. Bahkan, ibu hamil juga bisa melihat embrio dan jantung janin yang kuat pada usia kehamilan 6 minggu.

Itulah tanda awal kehamilan yang paling umum. Jika Anda sedang dalam program kehamilan, pastikan Anda catat tanda-tanda di atas.

Posting Komentar

0 Komentar