Recents in Beach

7 Kegiatan Ini Bisa Melatih Keseimbangan Anak

7-Kegiatan-Ini-Bisa-Melatih-Keseimbangan-Anak

Selain melatih sistem motorik dan kecerdasan, anak-anak juga harus dilatih keseimbangan agar masa tumbuh kembangnya berjalan sesuai yang seharusnya. Latihan fisik seperti ini bisa dilakukan dengan berbagai bentuk. Mulai dari olahraga, bermain, hingga melakukan kegiatan yang tujuannya melatih secara perlahan. Misalnya bermain sepatu roda anak yang berperan melatih keseimbangan ketangkasan, keberanian, serta tentunya kekuatan fisik.
Ragam Kegiatan untuk Melatih Keseimbangan

Anda tidak perlu mengajak anak berolahraga berat atau melakukan pelatihan khusus agar kemampuan menyeimbangkan tubuhnya semakin terasah. Terdapat lima jenis kegiatan menyenangkan yang bisa dipilih untuk melatih keseimbangan mereka.

1. Balance Bike (Sepeda Tanpa Pedal)

Tidak hanya bermain sepeda biasa, kini banyak orangtua yang memilih memberikan balance bike atau sering disebut juga sepeda tanpa pedal untuk melatih keseimbangan. Jenis sepeda seperti ini memang dianggap lebih bagus dalam melatih keseimbangan di masa awal tumbuh kembang. Step pertama sebelum mengajarkan dia bermain sepeda.

2. Sepatu Roda

Kegiatan berikutnya adalah bermain sepatu roda anak. Kegiatan yang mengasyikan ini sudah lama dikenal menjadi permainan sekaligus olahraga ringan bagi anak-anak. Di usianya, anak-anak jauh lebih berani dan penasaran terhadap banyak hal, sehingga untuk mengajarkan permainan yang mengasah keberanian sangat disarankan. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak akan lebih mudah belajar sepatu roda.

3. Menari

Menari atau melakukan gerakan dance bisa melatih keseimbangan anak-anak. Umumnya gerakan tari menuntut kita untuk bisa menyeimbangkan tubuh sambil melatih ingatan gerakan demi pergerakan. Keselarasan gerakan dengan musik pun menjadi hal yang akan mengajarkan anak-anak untuk mampu mengikutinya.

Ada banyak gerakan tari yang membuat anak harus menahan beban ke sebagian tubuh. Selain itu menari juga meningkatkan rasa berani tampil di depan banyak orang, membuatnya lebih percaya diri dalam melakukan berbagai hal.

4. Bela Diri

Kegiatan bela diri sudah pasti mengasah kemampuan menyeimbangkan diri. Saat anak diajarkan menendang, dia harus membuat dirinya seimbang dan mampu mengeluarkan tenaga lebih untuk menendang objek.

Dalam berbagai jenis olahraga bela diri, keseimbangan tubuh sangat diandalkan. Karena saat melakukan gerakan bela diri, tubuh otak dan tubuh harus saling melakukan sinkronisasi, membaca gerakan lawan, sambil menggerakan gerakan.

5. Balet

Balet yang termasuk tarian klasik merupakan jenis tari yang sangat mengandalkan kemampuan, serta keahlian menyeimbangkan tubuh. Dalam gerakannya, penari harus berjinjit dengan ujung jari. Kemudian melakukan gerakan demi gerakan indah. Anak-anak sejak usia balita sudah bisa diikutkan kelas balet, khususnya bagi anak perempuan.

6. Hopscotch

Kegiatan ini memang mengharuskan anak berjingkat satu kaki. Caranya dengan menyiapkan garis-garis permainan atau menggunakan mat hopscotch yang bisa dibeli di toko mainan anak-anak. Permainan ini bisa dikembangkan agar terasa lebih mengasyikan bagi anak.

7. Menjadi Pesawat Terbang

Ketujuh adalah bermain menjadi pesawat terbang. Anda bisa mengajak anak untuk bergerak menyerupai pesawat terbang, sekaligus menjadi pilotnya. Mereka akan membuat postur dan gerakan tubuh yang menyerupai pesawat, sehingga melatih keseimbangannya. Bisa juga lomba berlama-lama menyerupai pesawat terbang dengan berdiri satu kaki, lalu merentangkan kedua tangan.

Pastinya masih banyak lagi kegiatan semacam bermain sepatu roda anak dan lainnya yang mampu melatih keseimbangan bagi mereka. Termasuk olahraga-olahraga kecil yang bisa dilakukan bersama, contohnya melempar bola ke dalam keranjang sambil berdiri satu kaki, atau pun membuat variasi permainan sendiri sesuai kegemaran anak.

Posting Komentar

0 Komentar