Recents in Beach

Selain Dengan Obat Maag, Begini Cara Mengatasi Maag Dengan Mudah Dan Aman

Foto: Canva.com pro

Maag merupakan penyakit kronis yang sering kali disepelekan. Alhasil, tak sedikit orang yang mengidap penyakit maag akut tanpa mengetahui cara pengobatannya. Namun selain obat maag, terdapat beberapa cara mengatasi sakit maag dengan mudah. Untuk informasi lebih jelas, yuk simak ulasan berikut ini.

Mengintip Cara Mudah Untuk Atasi Penyakit Asam Lambung

1. Mengurangi Asupan Gula

Sakit maag sering kali timbul karena disebabkan asupan gula yang tinggi. Gula sendiri terbuat dari zat glukosa dan fruktosa yang mengandung senyawa berbahaya, jika dikonsumsi terlalu banyak. Kandungan tersebut dapat merusak sistem metabolisme tubuh.

Pada prosesnya, senyawa yang terkandung pada setiap larutan gula sangat sulit diolah di sistem pencernaan. Hal tersebut dapat memperparah maag yang dirasakan oleh penderitanya. Oleh sebab itu, mengatasi maag secara efektif ialah dengan mengontrol asupan gula.

2. Membatasi Makanan Yang Mengandung Gas Tinggi

Ketika penyakit asam lambung naik, tubuh dipenuhi dengan gas asam yang membuat penderitanya merasa kesakitan. Oleh sebab itu, mengurangi makanan yang mengandung gas tinggi merupakan cara efektif dalam mengatasi sakit lambung.

Menurut penelitian, terdapat beberapa makanan yang mengandung gas tinggi. Beberapa makanan yang harus dihindari agar tidak terus terusan mengonsumsi obat maag mulai dari kol, durian, singkong, buah kering, hingga minuman bersoda. Apabila anda bersikeras untuk mengonsumsinya, maka kondisi lambung yang luka akan semakin parah.

3. Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Permen Karet

Percaya atau tidak, mengonsumsi permen karet nyatanya bisa mengurangi gejala sakit maag secara signifikan. Ketika maag mendera penderitanya, kadar asam lambung kian meninggi. Bahkan, di beberapa kasus tertentu penyakit maag dapat menimbulkan rasa sakit hebat.

Guna mengurangi rasa sakit yang timbul akibat gas asam lambung naik, mengunyah permen karet bisa menjadi cara yang efektif. Sebab permen karet dapat meningkatkan produksi air liur. Produksi air liur tersebut dapat membantu menetralkan kadar asam lambung.

4. Makan Dengan Porsi Kecil

Penyakit maag timbul umumnya karena kebiasaan atau pola makan yang tidak teratur. Semakin tidak teratur jadwal makan, maka semakin parah pula kondisi maag yang dirasakan. Bahkan, tak menutup kemungkinan penyakit maag menjadi kronis.

Jika ingin mengobati sakit ini tanpa obat maag, anda bisa memperbaiki pola makan. Sebagai permulaan, anda tak perlu makan dengan porsi banyak sekali waktu. Sebaliknya, cobalah makan secara tepat waktu dengan porsi sedang, sehingga anda bisa makan sedikit lebih sering.

Selain mengurangi porsi makan, anda juga perlu makan secara perlahan. Sebisa mungkin untuk mengunyah makanan secara perlahan. Hal tersebut bertujuan untuk membantu meringankan pekerjaan pencernaan lambung.

5. Hindari Berbaring Setelah Makan

salah satu kebiasaan buruk lainnya yang menjadi faktor memperburuk kondisi asam lambung yaitu langsung berbaring atau tidur setelah makan. Jika hal tersebut dilakukan maka, kinerja usus akan terganggu sehingga memicu munculnya asam lambung tinggi.

Guna mengatasi maag yang harus dilakukan pun tak hanya sekedar menghindari langsung berbaring setelah makan. Sebaiknya beri jeda satu hingga dua jam untuk beraktivitas ringan seperti misalnya berjalan, agar kinerja lambung dan usus semakin lancar.

6. Mengatasi Asam Lambung Naik Dengan Alpukat

Selain dengan memperbaiki pola makan dan rutinitas sehari-hari, ada juga cara mengatasi maag dengan jenis mengonsumsi makanan tertentu. yaitu dengan mengonsumsi buah alpukat sebagai obat maag alami. Selain lezat, buah alpukat juga ternyata memiliki banyak sekali kandungan senyawa penting yang ampuh mengobati penyakit maag.

Itulah beberapa cara yang bisa dipraktekkan untuk mengurangi penyakit asam lambung. Setelah memahami cara tersebut, kini anda bisa mengganti obat khusus maag dengan cara yang lebih alami. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar