Recents in Beach

Cara Mengatur Pola Makan Agar Gejala Maag Tidak Kambuh

canva pro

Maag merupakan rasa tidak nyaman yang bisa disebabkan karena infeksi bakteri helicobacter pylori, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid secara berlebihan, tukak lambung, hingga stress berkepanjangan. Penyakit ini dapat menimbulkan beberapa gejala yang dapat dirasakan seperti sakit melilit dan rasa perih di bagian perut.

Gejala maag tersebut biasanya dapat hilang dengan sendirinya atau bisa menggunakan obat maag yang mudah dan manjur digunakan untuk mengurangi gejala yang dialami. Bagi Anda yang ingin menghindari gejala yang dapat nyaman tersebut bisa melakukan pengaturan pola makan yang dipunyai. Sehingga apabila mempunyai pola makan yang sehat maka bisa menghindari penyakit maag yang mudah kambuh. Tips mengatur pola makan yang dapat diterapkan untuk mencegah maag kambuh adalah:

1. Makan sering dengan porsi kecil

Salah satu cara terbaik untuk dapat mencegah kambuhnya maag adalah dengan membuat perut terasa kenyang. Dimana apabila menggunakan cara makan dengan porsi besar sehingga bisa kenyang lebih lama merupakan langkah salah yang diambil. Hal tersebut justru akan menghasilkan banyak asam lambung yang justru dapat membuat iritasi pada lambung. Sedangkan untuk cara yang tepat adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil tetapi sering. Setidaknya Anda bisa makan 5-6 kali dengan porsi kecil untuk mencegah maag kambuh.

2. Makan sebelum tidur is big NO

Agar mencegah gejala maag yang dapat kambuh, perhatikan juga waktu makan yang dipunyai. Jangan sampai makan sebelum tidur yang akan membuat asam lambung menjadi naik dan gejala sakit maag kumat. Waktu tepat untuk terakhir makan adalah 3 jam sebelum tidur yang merupakan waktu aman untuk terakhir makan. Selain itu pastikan untuk tetap tegak setelah makan agar perut bisa mencerna makanan dengan baik. Apabila hal in dilakukan makan bisa mencegah refluks asam yang akan membuat asam lambung naik dan membuat maag juga lebih mudah kambuh.

3. Mengubah cara masak

Apabila ingin hidup lebih sehat memang akan lebih baik untuk memasak sendiri. Hal tersebut karena bisa memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi serta mengatur cara masak yang digunakan. Mengubah cara masak juga merupakan salah satu cara untuk mencegah kambuhnya maag. Dimana cara masak yang lebih sehat adalah dengan direbus, dikukus, dan juga dipanggang. Hindari makanan yang diolah dengan cara digoreng karena dapat memicu refluks asam lambung. Selain itu makanan yang digoreng juga lebih susah untuk dicerna dibandingkan cara pengolahan masak yang cenderung lebih sehat lainnya.

4. Memilih makanan sehat

Apabila ingin menerapkan pola makan yang tepat, tentunya bisa dilakukan dengan memilih makanan sehat. Ada beberapa jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi seperti sayuran, sayuran akar, daging dan unggas, ikan dan seafood non lemak, oatmeal, roti, nasi merah, dan juga lainnya. Untuk sayuran sendiri pastikan memilih yang tidak menciptakan banyak gas dan rendah asam seperti brokoli, kentang, wortel, kacang hijau, seledri, dan bit.

5. Hindari pantangan

Terakhir, cara untuk mencegah maag lebih mudah kambuh adalah dengan menghindari pantangan yang terdiri dari makanan dan minuman yang tidak baik untuk penderita maag. Selain pola makan yang tepat, Anda juga perlu menghindari makanan yang dapat menaikkan kadar asam. Seperti batasi konsumsi alkohol, minuman yang mengandung kafein kopi dan teh, susu, daging dan makanan tinggi lemak, makanan pedas, makanan asin, makanan asam, dan cokelat.

 

Referensi:

Halodoc. Diakses pada 2021. Waspada, Ini Tanda Sakit Maag yang Sudah Parah

Web Promag.Diakses pada 2021. Tanda dan Gejala Sakit Maag Kronis

Torrance Memorial Physician Network. Diakses pada 2020. Ulcer and Gastritis

Posting Komentar

0 Komentar