Recents in Beach

5 Penyebab Ongkir ke Luar Negeri Mahal


Mengirim barang ke luar negeri kini memang semakin mudah untuk dilakukan. Hanya saja biaya pengiriman barang menuju negara lain memang sekarang terbilang mahal. Sebelum Anda kirim paket ke luar negeri, memang sangat disarankan untuk memeriksa ongkirnya terlebih dahulu. Harus dicermati dulu berapa besar biaya yang dibutuhkan agar bisa kirim barang dengan aman ke luar negeri.

Penyebab Ongkir Mahal

Kira-kira apa yang menyebabkan biaya pengiriman barang menuju luar negeri mahal? Tentunya ada beberapa penyebab yang memang mendukung hal ini terjadi. Berikut adalah 5 jenis penyebab ongkir atau biaya pengiriman menuju luar negeri terbilang mahal:

1. Jarak Pengiriman

Penyebab pertama adalah jarak pengiriman. Biaya kirim barang bisa saja mahal karena jarak pengirimannya sangat jauh, apalagi ke luar negeri. Sama saja konsepnya seperti proses pengiriman barang lokal di wilayah Indonesia. Semakin jauh jarak pengiriman barang maka akan semakin mahal juga biaya pengiriman atau ongkir yang harus dibayarkan.

2. Pajak di Negara Tujuan

Faktor lain yang bisa menyebabkan biaya pengiriman barang ke luar negeri jadi mahal adalah pajak yang berlaku di negara tujuan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa negara yang belum menerapkan sistem bebas pajak. Semua barang yang masuk harus dikenai pajak dan pajak ini akan dibebankan oleh pengirim barang, bukannya oleh jasa ekspedisi yang melakukan pengiriman.

3. Perbedaan Kurs Mata Uang

Saat Anda akan mengirimkan paket ke luar negeri, maka Anda juga harus memperhatikan perbedaan nilai kurs. Ternyata nilai kurs mata uang asing juga akan sangat berpengaruh pada biaya atau ongkir yang dibebankan. Jadi silakan hitung dulu berapa perbedaan kurs mata uang asing di negara tujuan dengan negara asal yaitu Indonesia.

4. Jalur Pengiriman

Faktor lain yang menyebabkan biaya kirim paket ke luar negeri jadi mahal adalah jalur yang digunakan untuk mengirim paket. Ada beberapa pilihan jalur yang bisa digunakan yaitu jalur darat, laut, dan udara. Jalur udara biasanya membutuhkan tarif atau biaya yang paling mahal dibandingkan dua jalur lainnya. Sebanding dengan harganya yang mahal, jalur ini juga bisa mengantarkan paket paling cepat ke lokasi tujuan.

5. Bobot Barang yang Dikirim

Berapa banyak berat barang yang akan dikirim juga bisa berpengaruh pada tarif. Jika bobot barang terbilang berat maka tarifnya juga pasti akan lebih mahal. Jadi pastikan dulu bahwa bobot barang yang dikirim sudah paling efisien dan tidak terlalu berat jika memang ingin lebih berhemat.

 

Pastikan Anda mempersiapkan paket sebaik mungkin sebelum dikirim ke luar negeri. Perhatikan semua aspek yang dibahas tadi agar Anda bisa kirim paket ke luar negeri dengan biaya yang bersahabat. Bagi Anda yang ingin melakukan impor, cek ongkir dulu juga untuk memastikan biaya. Misalnya ongkir Malaysia ke Indonesia jika Anda ingin impor barang dari negeri jiran tersebut ke dalam negeri.

Sumber:

https://indoshipping.co.id/10-alasan-kenapa-ongkir-ke-luar-negeri-lebih-mahal/#:~:text=Biasanya%20pengiriman%20barang%20ke%20luar,mengapa%20ongkos%20kirimnya%20lebih%20mahal. https://athaexpressbanten.com/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-biaya-pengiriman-ke-luar-negeri/

Posting Komentar

0 Komentar