Recents in Beach

Baru Tambal Gigi Berlubang? Simak Pantangan yang Harus Dihindari!

Kesehatan,dental clinic Pondok Indah Jakarta,tambal gigi,tambalgigi,tambalan gigi,biaya tambal gigi,harga tambal gigi

Menambal gigi adalah prosedur yang dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Meski merupakan prosedur standard, namun pemilihan klinik gigi untuk pelaksanannya tetap harus dilakukan dengan baik. Sebaiknya pilihlah klinik dengan reputasi dan pelayanan yang sudah terjamin baik, seperti dental clinic atau  klinik dokter gigi di RSPI Jakarta. Setelah mengikuti prosedur penambalan gigi di dental clinic Pondok Indah Jakarta, Anda biasanya akan menerima sejumlah saran untuk menjaga agar tambalannya tak lepas. Beberapa di antaranya merupakan pantangan yang kadang menyulitkan Anda beraktivitas, tetapi harus diikuti supaya gigi tak mengalami risiko yang lebih parah.

Pantangan setelah tambal gigi

Lalu, apa saja pantangan yang sebaiknya disimak? Berikut daftarnya, seperti yang disebutkan dalam laman Halodoc:

Hindari makanan bertekstur keras

Makanan bertekstur keras adalah pantangan yang sebaiknya Anda jauhi. Pasalnya, beberapa jenis tambalan gigi membutuhkan waktu selama 24 jam untuk benar-benar mengeras, salah satunya tambalan ionomer kaca. Sementara jenis tambalan lain membutuhkan waktu lebih sebentar, tetapi ada baiknya Anda tunggu sampai gigi bisa memproses makanan seperti semula.

Tidak menggigit benda keras

Tak sedikit pasien yang nekat menggigit benda keras saat mereka sudah menerima bantalan baru pada gigi mereka. Tindakan tersebut justru membahayakan, sebab akan mengubah lengkungan gigi menhadi berjejal tak rapi sampai mencederai bahan tambahan. Oleh karena itu, Anda hindari kebiasaan ini kalau memang tak diperlukan.

Jangan mainkan bagian gigi yang ditambal

Memainkan bagian gigi yang baru ditambal kadang tak disadari pasien, sehingga mengakibatkan tambalan lepas dan menurunkan estetika gigi. Jika memang tak disengaja, Anda bisa konsultasikan solusinya dengan dokter yang menangani prosedur. Hindari juga memasukkan benda tertentu atau makanan yang berdampak buruk pada tambalan gigi.

Kurangi makanan manis dan berwarna

Satu lagi pantangan yang sayangnya belum diketahui banyak orang adalah menghindari makanan manis dan berwarna. Mengapa? Karena tambalan gigi mempunyai struktur dan senyawa pembentuk berbeda dari gigi asli yang membuatnya rentan rusak. Selain itu, perubahan warna gigi juga akan cepat terjadi, terutama setelah Anda mengonsumsi teh, kopi, dan lain sebagainya.

Tips menyantap makanan setelah tambal gigi

Ada sejumlah tips yang dapat Anda ikuti agar tetap nyaman mengonsumsi setelah tambal gigi, di antaranya:

  • Gigit dan kunyah secara perlahan. Ketika menggigit, rahang akan memberikan tekanan lebih banyak yang menyebabkan rasa nyeri pada tambalan. Untuk itu, kunyah dan gigit secara perlahan, terutama saat mengenai bagian gigi yang ditambal;
  • Kunyah dengan mulut tertutup. Jika gigi sensitif terhadap panas dan dingin, Anda akan kurang nyaman menikmati makanan. Anda bisa mengatasinya dengan menutup mulut untuk mengurangi udara yang masuk ke mulut;
  • Pilih makanan bertekstur lembut. Dokter gigi biasanya menyarankan jenis makanan tertentu yang aman untuk gigi yang baru ditambal. Bubur polos adalah salah satu makanan yang sering direkomendasikan.

Jangan lupa untuk terus berkonsultasi dengan dokter gigi Anda, sehingga gigi yang baru ditambal tak mengganggu aktivitas Anda.

Posting Komentar

0 Komentar