Recents in Beach

5 Faktor yang Menyebabkan Pengapuran Tulang


Kesehatan tulang yang menurun bisa disebabkan oleh karena adanya proses pengapuran. Pengapuran tulang disebut juga dengan nama osteoarthritis dan menjadi sebuah masalah medis yang serius untuk ditangani. Tidak sedikit pasien yang kemudian harus menjalani operasi untuk menyembuhkannya. Biaya operasi pengapuran tulang pun tidak bisa dibilang murah sehingga harus dipersiapkan.

Penyebab Pengapuran Tulang

Ada beberapa faktor penyebab yang bisa memicu proses pengapuran pada tulang. tidak heran jika pasien osteoarthritis bisa mendapatkan perawatan yang berbeda-beda tergantung apa penyebabnya. Ini tentu harus diperhatikan baik-baik agar bisa dicegah dan dihindari demi kondisi kesehatan tulang akan selalu terjaga secara optimal. Berikut adalah 5 faktor yang bisa menyebabkan pengapuran tulang:

1. Usia

Kepadatan tulang bisa termakan oleh usia. Secara umum memang faktor penuaan akan menyebabkan pengapuran pada tulang dan membuatnya semakin lemah. Semakin bertambahnya usia maka kondisi ini akan semakin parah. Kartilago akan mengalami penurunan elastisitas dan pengapuran semakin cepat terjadi. Ditambah lagi otot juga semakin lemah sehingga pengapuran akan terus berlangsung.

2. Kurangnya Asupan Nutrisi

Orang yang tidak memenuhi kecukupan gizi tubuhnya dengan baik juga bisa mendapatkan risiko lebih besar mengalami pengapuran tulang. Khususnya untuk asupan vitamin D, vitamin K, kalsium, potassium, fosfor, dan magnesium. Jika zat nutrisi tersebut kurang, maka kepadatan tulang akan berkurang. Akhirnya risiko pengapuran tulang pun juga meningkat.

3. Trauma Sendi

Kondisi lain yang bisa menyebabkan pengapuran tulang adalah adanya trauma sendi atau cedera. Hal semacam ini bisa merusak jaringan sekitar sendi dengan mudah. Akibatnya, risiko osteoarthritis akan semakin meningkat karena jaringan sendi sudah mengalami kerusakan. Dalam situasi seperti ini, segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter untuk mendapat solusi terbaik.

4. Obesitas

Kelebihan beban berat badan juga bisa memicu terjadinya pengapuran pada tulang. Seperti kita tahu bahwa tulang bekerja keras menahan berat badan kita selama beraktivitas. Jika bebannya terlalu berat melebihi kapasitas ideal maka kelamaan tulang jadi lemah. Banyak sekali orang obesitas yang harus menjalani tindakan bedah dan membayar biaya operasi pengapuran tulang untuk mengatasi hal tersebut.

5. Genetik

Ternyata faktor genetik juga berpengaruh besar pada proses pengapuran tulang. Sebanyak 50-65% kasus pengapuran tulang justru terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Ditambah lagi ada kromosom DNA yang ternyata bisa meningkatkan risiko pengapuran tulang lutut sampai 30%. Jika memang sudah ada riwayat pengapuran dari keluarga, maka lebih baik semakin berhati-hati menjaga diri.

Banyak sekali kasus operasi lutut yang disebabkan oleh adanya pengapuran. Proses pengapuran ini memang sangat umum terjadi dan harus diwaspadai. Mulailah dengan menerapkan pola makan sehat, melakukan aktivitas fisik secara teratur, dan konsumsi suplemen tulang jika perlu. Periksakan diri ke dokter secara rutin jika memang sudah ada risiko pengapuran dari faktor genetik. 

Posting Komentar

0 Komentar